Tuesday, February 15, 2011

Arab Saudi Hentikan Perekrutan TKI

Mulai Senin (14/2) pihak Komite Nasional Perekrutan di bawah Kamar Dagang Industri Arab Saudi telah memutuskan menghentikan perekrutan terhadap tenaga kerja Indonesia. Hal ini tentu sangat memalukan bagi Indonesia yang lebih sering memperoleh perlakukan yang tak menyenangkan dari pihak Arab Saudi.Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Eksekutif Migrant Care, Anis Hidayah saat konfrensi pers di Institut Hijau Indonesia, Jakarta, Selasa (15/2/2011). “Saya terima informasi ini dari Arab News, pukul 23.45 waktu Arab Saudi, baru tiga jam yang lalu,” ungkap Anis.
Bagi Anis, ini sangat memalukan pemerintahan Indonesia. Pasalnya, selama ini tenaga kerja Indonesia yang selalu mendapat perlakuan tidak menyenangkan dari Arab Saudi. Namun yang terjadi sekarang justru pihak Arab Saudi yang menghentikan pengiriman Tenaga Kerja Indonesia (TKI). “Kita ini seperti pepatah, sudah jatuh tertimpa tangga pula. SBY harus mempertanggungjawabkan hal itu kepada buruh migran kita di Indonesia,” ujarnya.
Anis mengungkapkan, hal ini terjadi dampak dari moratorium pemerintah Indonesia yang tidak jadi dilakukan beberapa waktu lalu. Sehingga, Arab Saudi duluan yang mengambil tindakan merugikan. “Ini sangat merugikan Indonesia,” tegasnya.
Okezone.com

No comments:

Post a Comment